100 Contemporary Wood Buildings (Bibliotheca Universalis) (Multilingual Edition)

100 Contemporary Wood Buildings (Bibliotheca Universalis) (Multilingual Edition)

PPKn Sekolah Menengah Atas Tuliskan pandangan Anda mengenai Pers Pancasila di Indonesia. Apa tantangan dalam penerapan prinsip Pers Pancasila di Indonesia?

Tuliskan pandangan Anda mengenai Pers Pancasila di Indonesia. Apa tantangan dalam penerapan prinsip Pers Pancasila di Indonesia?

Pers Pancasila Indonesia merupakan sebutan untuk model pers di masa Order Baru yang berorientasi dan bersikap berdasarkan UUD 1945 dan nilai-nilai Pancasila.

Pembahasan:

Pers Pancasila memang merupakan pers nasional yang berorientasi kepada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Namun pada prakteknya, Pers Pancasila digunakan untuk mengekang pers yang bersebrangan dengan pemerintah. Pada masa Orde Baru, pers dianggap sebagai bagian dari institusi politik sehingga harus diatur selayaknya ormas atau partai politik demi mencapai kestabilan dan ketentraman negara.

Tantangan dalam Penerapan Prinsip Pers Pancasila di Indonesia

  • Banyak lembaga pers yang "nakal" dan lebih mementingkan uang.
  • Rating tayangan-tayangan yang tidak berpendidikan lebih tinggi.

Jika menginginkan sistem Pers Pancasila berjalan dengan baik lagi di Indonesia, maka harus diadakan kerja sama antara pemerintah dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan juga  Lembaga Sensor Film Indonesia (LSFI) untuk mengawasi setiap tayangan dan pemberitaan yang tidak memiliki nilai, terlebih nilai pendidikan.

Pelajari lebih lanjut:

Materi mengenai Pers pada https://brainly.co.id/tugas/2305634

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]